Tirto.id Lolos Verifikasi International Fact Checking Network

Tirto.id Lolos Verifikasi International Fact Checking Network

Independen, Jakarta – Media online Tirto.id lolos verifikasi Jaringan Periksa Fakta International (International Fact-Checking Network/ IFCN). Jaringan ini adalah bagian dari Poynter Institute, salah satu lembaga yang mempunyai perhatian pada perkembangan dan studi media di tingkat global dan berkedudukan di St. Petersburg, Florida, Amerika Serikat.

Jaringan ini berkomitmen mengurangi berita keliru atau berita palsu (fake news) dengan menulis fakta dan memberikan penjelasan rinci dalam pemberitaan. Sejak didirikan pada 2015 lalu, anggota jaringan ini mencapai 44 media dari seluruh dunia.  

Di kawasan Asia Tenggara, selain Tirto, media yang tergabung dalam jaringan ini dan lolos verifikasi adalah Rappler dan Vera Files (Filipina). Sedangkan media di tingkat global yang tergabung di antaranya ABC News dan Washington Post.

Anggota jaringan ini diminta berkomitmen menjaga ruang redaksi dari kepentingan golongan mana pun (nonpartisan), terbuka terhadap sumber yang digunakan, transparan pada pendanaan, memiliki methodologi yang transparan serta terbuka pada koreksi. 

Penilaian terhadap komitmen itu dilakukan jurnalis independen dari berbagai negara yang ditunjuk IFCN. “Verifikator menilai Tirto sebagai media yang serius memberikan data yang kredibel, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Zen RS, Editor at Large Tirto.id dalam press release. 

Ketika dikorfimasi terkait keterbukaan pendanaan, Pemimpin Redaksi sekaligus Penanggung Jawab Tirto.id Sapto Anggoro mengatakan komitmen ini diwujudkan dalam bentuk membuktikan pemegang saham di dalam akta perusahaan. Apakah akan dipublikasikan kepada masyarakat? “Ya tentu,” ujarnya.

 

Yekthi HM