• Senin, 12 Februari 2024
  • 10.00 - selesai WIB

Paparan Hasil Riset Kapasitas Jurnalis Meliput Pemilu

Paparan Hasil Riset Kapasitas Jurnalis Meliput Pemilu

Baru-baru ini AJI Indonesia dan Konsultan dari PR2Media melakukan riset ke 1.300 jurnalis. Hasil temuan riset menunjukkan tingginya persoalan etika, terutama sangat minimnya penghormatan terhadap pagar api antara berita dan iklan. Selain itu juga, ihwal lemahnya daya tawar terkait iklan dengan pemerintah daerah, yang saat ini menggejala kuat pada media daring di hampir seluruh Indonesia.

Permasalahan lain, adalah independensi media selain politisasi media oleh para pemiliknya serta pelanggaran etika dari para jurnalis. Contohnya, jurnalis tergoda menjadi partisan dan bahkan menjadi calon anggota legislatif, atau minimal menjadi influencer (paid social media buzzer).

Sebagai aktor di ruang publik dan dalam lingkungan kerja yang tidak bebas nilai, jurnalis tidak semata diharapkan peduli dengan struktur regulasi, melainkan juga mampu memahami konteks regulasi bagi pelaksanaan pemilu yang bersih, netral, dan lancar.

Kami mengundang teman-teman untuk bergabung dalam webinar yang membicarakan hasil riset ini pada Senin, 12 Februari 2024 pukul 10.00-12.00 WIB.

Silakan klik link berikut: https://bit.ly/kapasitasjurnalis