• Rabu, 6 Maret 2024
  • 19.30 - selesai WIB
  • Live di IG projectm_org, aik_arif , bbbbookclub

‘Masyarakat Adat dan Ketahanan Pangan’

BERAS MAHAL GARA-GARA EL NINO DI ASIA TENGGARA, EMANG IYA?

Beberapa waktu lalu, tersebar wawancara viral mengenai alasan naiknya harga beras di Indonesia. Dalam wawancara itu disebutkan bahwa perubahan iklim menjadi faktor utama kenaikan harga dan kurangnya pasokan beras di Indonesia.

Namun, bagaimana sebenarnya pengaruh iklim dalam kenaikan harga pangan? Kenapa beberapa negara di Asia Tenggara yang juga terdampak perubahan iklim malah surplus beras? Memang, isu krisis iklim masih kerap dianggap isu yang asing bahkan eksklusif oleh kebanyakan orang. Krisis iklim juga sering diasosiasikan sebagai isu yang saintifik sehingga lebih sulit untuk membawanya menjadi konten arus utama yang engaging dan bisa menjadi bagian dari percakapan sehari-hari, termasuk bagi kalangan ibu-ibu. Padahal dampak dari krisis iklim kerap dihadapi langsung oleh ibu-ibu dalam kehidupan mereka sehari-hari, termasuk perkara dapur.

Yuk kita bahas fenomena ini lebih dalam sambil ngobrolin buku ‘Masyarakat Adat dan Ketahanan Pangan’ dalam IG Live bersama Ahmad Arif (@aik_arif, co-founder Project Multatuli, jurnalis KOMPAS, dan penulis buku ‘Masyarakat Adat dan Ketahanan Pangan’) dan Mawa Kresna (@mawakresna, redaktur Project Multatuli @projectm_org). Diskusi ini akan dimoderatori oleh Puty Puar (founder Buibu Baca Buku Book Club @BBBbookclub)

Catat tanggalnya, yaaa.