Film "Sum" Menang, Sutradara Tidak Bisa Datang

Film

foto: Dok: purwokertokita.com

Parno Ridho Saputra (paling kiri), mewakili sutradara film “Sum”, foto bersama salah satu juri Ifa Isfansyah di malam penganugerahan Ucifest 2018.

Independen -- Film "Sum" karya Firman Fajar Wiguna, pelajar SMA 2 Purbalingga meraih juara terbaik kategori dokumenter pelajar dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Animation dan Film Festival (Ucifest) tahun 2018. Sayangnya, Firman tidak bisa menghadiri penghargaan ini karena tidak ada biaya untuk ke Tangerang, lokasi UMN. Serta tidak ada izin dari sekolah. Ini ironis, karena karya sineas muda, tetapi kurang ada perhatian dari banyak pihak, baik  pemerintah daerah, sekolah maupun penyelenggara festival. Semoga Firman selalu terus berkarya, tidak patah semangat. Film dokumenter "Sum" tentang apa, bisa disimak di sini  Film “Sum” Raih Penghargaan Ucifest 2018, Sayang Sutradara Tidak Bisa Hadir

Sementara itu di Kediri, pemutaran film Mahaguru Tan Malaka berlangsung di kampus IAIN Kediri. Pemutaran film ini disertai dengan diskusi tentang sejarah Tan Malaka. Lewat pemutaran film ini, mahasiswa dapat belajar dan berdialog tentang sejarah, khususnya tokoh Tan Malaka yang sering dilupakan dalam sejarah Indonesia. “Sama seperti Marco (tokoh dalam film), saya datang kesini juga penasaran, sebenarnya siapa Tan Malaka ini,” ujar Ananda Bagus Abidin, salah seorang peserta. Bagaimana tanggapan penonton film ini dapat dibaca di Film Mahaguru Tan Malaka Diputar di IAIN Kediri. (D002)