Glenmore, Jejak Skotlandia di Ujung Timur Jawa

Glenmore, Jejak Skotlandia di Ujung Timur Jawa
Foto: Dokumentasi Kediripedia.com

Independen --- Jika kita mendengar Glenmore, mungkin kesan pertama ini nama daerah di luar negeri. Tidak sepenuhnya salah, namun Glenmore juga nama tempat di Kabupaten Banyuwangi, sebagai bukti orang Skotlandia pernah sampai ujung timur Pulau Jawa. 

Glenmore adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi dan terletak di kaki Gunung Raung. Daerah ini ketika zaman Belanda adalah perkebunan kopi, kakao dan karet, yang dimiliki Ros Taylor, pengusaha dari Skotlandia. Kehadiran pengusaha Skotlandia di Hindia Belanda seiring dengan kebijakan politik etis. 

Glenmore dalam bahasa Gaelic, berarti Big Glen atau daerah perbukitan yang sangat luas. Ketika orang Skotlandia mengembara keluar negerinya, maka nama Glenmore pun ada di beberapa sudut dunia. Menurut penelitian Arif Firmansyah dan M. Iqbal Fardian, penulis buku Glenmore, Sepetak Eropa di Tanah Jawa, setidaknya ada 15 kawasan di dunia yang memiliki nama Glenmore. Di mana saja ada Glenmore dan bagaimana sejarah Glenmore di Banyuwangi, simak di sini: Glenmore, Saksi Kunci Orang-orang Skotlandia Pernah Masuk ke Tanah Jawa (D02)

Budaya Lainnya