Proses Pengolahan Kopi dan Sensasi Aroma Nangka

Proses Pengolahan Kopi dan Sensasi Aroma Nangka

foto: Dok: PurwokertoKita.com

Kopi yang baru dipanen, dipilih yang sudah masak, warna kemerahan.

Independen -- Penggemar kopi makin hari makin bertambah. Selain ada meminum kopi sebagai bagian gaya hidup, sebagian orang memang fanatik minum kopi. Golongan yang terakhir ini biasanya enggan menambahkan gula, susu atau campuran lainnya ketika menyeduh kopi. Penggemar kopi yang fanatik ini gemar juga mencoba rasa kopi dari berbagai daerah.

Di salah satu sudut kota Jogja, para penggemar dapat merasakan kopi nangka. Ya benar, kopi dengan aroma nangka. Mengapa kopi ini bisa beraroma nangka dan di mana dapat ditemukan, silakan temui di laman ini  Berburu Kopi Nangka di Kopi Kioen Yogya

Memproduksi biji kopi yang berkualitas butuh proses yang cermat, mulai dari pemetikan, pengeringan sampai hasil akhir sebelum kopi dikemas. Dengan proses produksi yang cermat, sebuah kelompok tani kopi di Banjarnegara, Jawa Tengah pernah masuk 20 besar dalam kontes Kopi Spesialti Indonesia pada tahun 2015. Kopi ini dikenal sebagai kopi Ratamba. Bagaimana proses produksi kopi Ratamba, bisa ditengok di video berikut Mengintip Proses Pengolahan Kopi Banjarnegara (002)