Meski Ilegal, Becak Motor dan Mobil Toko Dicari Konsumen

Meski Ilegal, Becak Motor dan Mobil Toko Dicari Konsumen

foto: Dok : Sutriyati/Kabarkota.com

Becak motor melintas kota Yogyakarta

Independen --- Bentor atau becak motor adalah alat transportasi umum yang sangat populer di Sulawesi. Dari kota Kotamobagu di utara pulau sampai Makasar di bagian selatan dengan mudah kita temui bentor ini. Bentor bisa juga kita temui di Pematangsiantar dan kola lain di Sumatera Utara. Tapi tahukah bahwa bentor ini tidak dilindungi Undang-undang? Karena UU Lalu Lintas no 22/2009 tidak mengakomodir bentor sebagai alat transportasi umum yang resmi. Maka boleh dikata, bentor ini ilegal.  

Yogyakarta adalah kota yang baru saja dipenuhi dengan bentor. Fenomena bentor di Yogyakarta kurang lebih baru muncul 6-7 tahun terakhir. Sama seperti kota lain, bentor di sini dianggap ilegal. Dan di Yogyakarta lebih sering dilakukan sweeping oleh aparat perhubungan maupun polisi. Para pengemudi bentor di Yogyakarta kemudian mendirikan Paguyuban Pengemudi Becak Motor DIY dan mereka ingin mengadu dan minta perlindungan pada Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY maupun Raja Yogja. Bagaimana usaha para pengemudi bentor ini, dapat dibaca di  Pengemudi Becak Motor DIY sangat Ingin Bertemu Sultan.

Jika Yogyakarta sedang dipenuhi bentor, maka di Jayapura, Papua sedang muncul inovasi mobil toko. Yaitu toko kelontong, toko elektronik yang di atas mobil . Konsepnya, mobil toko ini dapat berpindah dengan cepat dan mendekati konsumen. Mobil toko ini juga menguntungkan bagi pemiliknya, karena tidak perlu sewa lahan atau ruko. Tetapi ini juga ilegal, karena ada larangan berjualan di pinggir jalan. Mereka mesti kucing-kucingan dengan Satpol PP. Simak mobil toko ini di Mobil Toko Semakin Digemari Warga Kota Jayapura. (D002).