Presiden Jokowi Teken Keppres Amnesti Baiq Nuril

Presiden Jokowi Teken Keppres Amnesti Baiq Nuril
Foto: Sumber: Setpres
Presiden Jokowi

INDEPENDEN, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) amnesti untuk Baiq Nuril Maknun. Keppres tersebut baru saja ditandatangani oleh Presiden Senin, 29 Juli 2019, untuk selanjutnya diproses lebih lanjut, seperti dijelaskan dalam laman sekretariat negara.

Sebelumnya, Baiq divonis Mahkamah Agung melanggar UU ITE karena menyebarkan percakapan mesum atasannya. Ia diancam hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta.

“Tadi pagi Keppres untuk Ibu Baiq Nuril sudah saya tanda tangani. Jadi, silakan Ibu Baiq Nuril kalau mau diambil di Istana silakan. Kapan saja sudah bisa diambil,” ujar Presiden di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebelum bertolak kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (29/07).

Dirinya tak berkeberatan apabila Baiq ingin bertemu langsung dengannya setelah Keppres tersebut dikeluarkan. Presiden mengatakan akan dengan senang hati menerima dan bertemu dengan Baiq Nuril.

“Diatur saja. Saya akan dengan senang hati menerima,” tandas kepada media.

Sebelumnya, DPR telah menyetujui pertimbangan pemberian amnesti Baiq Nuril. Menurut DPR, Baiq merupakan korban pelecehan seksual yang dikriminalisasi.

 

Hukum dan HAM Lainnya