Bantu kami terus meneliti dan menginformasikan. Kami sangat berterima kasih kepada semua yang telah mendukung kami

donasi sekarang

Cara Belajar Baru Bagi Anak Kebutuhan Khusus

Cara Belajar Baru Bagi Anak Kebutuhan Khusus
Foto: foto: Lampung Post/Dian Wahyu Kusuma

Independen --- Belajar di rumah menjadi tantangan bagi para guru, terlebih pada anak-anak kebutuhan khusus. Selain orang tua tidak terbiasa mengajar anak, praktek latihan yang biasa dilakukan di sekolah belum tentu ada di rumah. 

Seperti yang terjadi di Kota Bandar Lampung, beberapa sekolah luar biasa akhirnya memberi izin murid-muridnya untuk datang ke sekolah dengan protokol yang ketat, seperti harus mandi lagi sesampai di sekolah, sudah makan dari rumah dan hanya boleh 2 jam di sekolah. Hal ini dilakukan untuk memperlancar proses belajar mengajar anak kebutuhan khusus. 

Sementara pembelajaran lewat daring membuat sekolah mesti melakukan inovasi kegiatan. Jika biasanya di sekolah, anak-anak kebutuhan khusus bisa melakukan kegiatan fisioterapi, maka belajar di rumah dilakukan dengan mengajarkan ke orang tua untuk membuat aktivitas yang mudah bagi anak kebutuhan khusus, seperti mengenakan pakaian, memetik bayam dll. Tujuannya ada fisioterapi, melatih otot-otot motorik anak. 

Simak bagaimana sekolah-sekolah luar biasa di Bandar Lampung melakukan inovasi di liputan Dian Wahyu Kusuma pada Perjuangan Kelompok Disabilitas Menghadapi Pandemi 

 

Khusus Lainnya