Bantu kami terus meneliti dan menginformasikan. Kami sangat berterima kasih kepada semua yang telah mendukung kami

donasi sekarang

Operasi Ditiadakan, Banyak Penyakit Tak Tertangani

Operasi Ditiadakan, Banyak Penyakit Tak Tertangani
Foto: sumber: seluang.id/ist
Erna Wati Gulo (depan, kemeja putih) di samping peti jenazah Nadine yang meninggal akibat atresia bilier.

Independen --- Dampak dari pandemi Covid-19 membuat Rumah Sakit menunda banyak operasi terutama operasi besar. Ini berdampak pada mereka yang menderita penyakit serius seperti atresia bilier atau gangguan saluran empedu. 

Penyakit ini umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir. Jika tidak segera ditangani medis dapat mengakibatkan kematian. Salah satu jalan terakhir pengobatan adalah dengan transplantasi hati. 

Namun sejak pandemi Covid-19, RS Cipto Mangunkusumo yang biasa melakukan operasi transplantasi hati menghentikan kegiatannya, karena menghindari risiko Covid-19. Tercatat selama tahun 2020 ini baru satu kali operasi tranplantasi hati di RSCM. Setelah itu berhenti total 

Akibatnya banyak pasien yang menunggu antrian bahkan beberapa sudah meninggal. Kondisi ini diperparah dengan mahalnya biaya perawatan selama menunggu jadwal operasi. 

Liputan dari Dony P. Herwanto tentang bagaimana duka para orang tua yang memiliki bayi penderita atresia billier dan bagaimana kendala yang dihadapi rumah sakit maupun para dokter, dapat dibaca di sini: Senja di Mata yang Menguning  (D02). 

Khusus Lainnya