Pemulihan Listrik Belum Sepenuhnya Normal

Pemulihan Listrik Belum Sepenuhnya Normal
Foto: Photo by Jeremy Bishop on Unsplash
Ilustrasi

INDEPENDEN, Jakarta - Pemadaman listrik se Jawa-Bali yang terjadi sejak siang kemarin, Ahad (05/08) hingga kini masih terjadi di sejumlah wilayah. Sejak listrik padam sekira pukul 13.00 WIB, PLN telah melakukan pemulihan mulai pukul 17.30 WIB.

"Pada pkl 17.30 PLN berhasil  berhasil mengalirkan tegangan listrik ke Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Balaraja dan untuk selanjutnya menuju ke PLTU Suralaya agar dapat beroperasi secara  bertahap mencapai kapasitas 2800 MW," kata Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani kepada media.

Selain itu dari GITET Gandul akan disalurkan ke PLTGU Muara Karang untuk memasok aliran listrik ke DKI Jakarta, diperkirakan bertahap hingga 3 jam untuk pulih secara keseluruhan. 

"Fokus kami mengirim pasokan ke PLTGU Muara Karang dan PLTGU Priok agar sistem DKI - Jakarta segera pulih," tambah Sripeni.

Sebelumnya PLN telah mengoperasikan PLTA Saguling dan PLTA Cirata yang berfungsi sebagai penstabil daya dan tegangan  sekaligus untuk mengirimkan pasokan listrik dari Timur ke Barat menuju PLTU Suralaya melalui GITET Cibinong, Depok, Gandul, Lengkong, Balaraja dan Suralaya. 

Dengan masuknya GITET Balaraja yang akan menuju ke PLTU Suralaya diperkirakan akan beroperasi secara bertahap hingga 6 jam kedepan untuk penormalan seluruh sistem Jawa Barat dan Banten.

Sejak malam tadi, pemulihan listrik sudah mulai berlaku secara bertahap di sejumlah wilayah. Namun, pemulihan belum berlangsung normal, masih ada sebagian wilayah Jakarta, Depok dan Kabupaten Bogor yang mengalami byar-pet. 

Berdasarkan monitoring gangguan PLN hingga Selasa pukul 08.00 WIB, setidaknya 86 wilayah di Jakarta dan sekitarnya listrik belum pulih. Proses pemulihan diperkirakan berlangsung 3 jam.

Seperti diketahui, pemadaman yang terjadi akibat  Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami  trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).  Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip. 

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Lingkungan Lainnya