Dua Liputan Terakota.id Meraih Juara 3 Tentang Pengelolaan Sampah Pemukiman

Dua Liputan Terakota.id Meraih Juara 3 Tentang Pengelolaan Sampah Pemukiman
Foto: foto: terakota.id/Eko Widianto

Independen ---  Jurnalis Terakota.id meraih 2 penghargaan dari lomba jurnalistik “Mengeruk Cuan Sampah Kemasan Plastik dari Ekonomi Sirkular” den, yaitu yang diselenggarakan AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Jakarta. Pengumuman pemenang ini dilakukan pada 11 Januari 2021 lalu lewat daring. 

Dua jurnalis Terakota.id menyabet  juara 3 untuk kategori yang berbeda. Eko Widianto menjadi juara tiga kategori teks berjudul “Geliat Ekonomi Sirkular untuk Menyelamatkan Sungai Brantas.”  Sedangkan Abdul Malik juara tiga kategori multimedia berjudul “Menyelamatkan Lingkungan Mengeruk Manfaat Ekonomi.” 

Kedua liputan itu mengangkat masalah sampah dan solusi di Kabupaten Malang. Seperti di banyak kota/kabupaten lain, sungai di Kabupaten ini tercemar sampah yang dibuang warga. Bahkan tingkat mikroplastik di sungai Brantas sangat tinggi. Tentu ini berbahaya bagi makhluk hidup, baik hewan maupun manusia. 

Namun di tengah pencemaran sungai dan kebiasaan warga membuang sampah, ada inisiatif dari komunitas TPST 3R Mulyoagung Bersatu yang sejak tahun 2011 mengelola sampah pemukiman. Ada 4 desa yang dilayani, sekitar 12.000 kepala keluarga yang dilayani. Komunitas TPST 3R Mulyoagung Bersatu ini mempekerjakan 91 orang.  

Di sini, sampah dari warga 4 desa tersebut dipilah, sampah yang bisa didaur ulang akan dijual ke pabrik pengolahan. Sampah organik diolah menjadi pupuk dan residu atau sampah yang sama sekali tidak bisa diolah, baru dikirim ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir milik Pemerintah.  

Praktek baik yang terwujud di Kabupaten Malang ini bisa menjadi contoh dan diduplikasi di banyak daerah. Demi mengurangi beban sampah di TPA dan melakukan pemanfaatkan ulang sampah yang mempunyai nilai ekonomi. (D02)

Media Lainnya