Bantu kami terus meneliti dan menginformasikan. Kami sangat berterima kasih kepada semua yang telah mendukung kami

donasi sekarang

Human Trafficking (The Best Prototype of Digital Humanities Hackathon 2020)

Oleh Putri Limilia, Benazir Bona Pratamawaty, Evi Ariadne

Proyek ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait TPPO di Indonesia. Hal tersebut karena tidak adanya data yang rapi dan mudah untuk diakses padahal kasus TPPO sangat tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, proyek ini akan menyajikan data-data terkait TPPO seperti tingkat kasus, jenis kasus per daerah, komunikasi publik pemerintah, pemetaan opinion leader di medsos terkait isus TPPO, dan tren kasus TPPO per daerah setiap tahunnya.

Data akan diambil menggunakan beberapa metode yang didominasi dengan web scraping dan social media mining karena tidak mudahnya mendapatkan data dari pemerintah. Data yang didapat akan diolah dengan dua metode yaitu NLP dan SNA. NLP bertujuan untuk menganalisis tren kasus TPPO per daerah, serta respon masyarakat terkait TPPO sebagai gambaran tingkat pengetahuan masyarakat terkait isu ini. Sementara itu, SNA bertujuan untuk memberikan gambaran terkait distribusi topik TPPO di masyarakat. Apakah topik ini sudah menjadi wacana atau perbincangan di tingkat masyarakat atau masih eksklusif pada media dan pemerintah. SNA juga digunakan untuk mengetahui opinion leader terkait TPPO yang nantinya akan dijadikan rujukan dalam menyampaikan isu TPPO.

Ada beberapa keunikan dari proyek ini yaitu topik yang diangkat dan metode yang digunakan. Topik menjadi unik karena data TPPO, selama ini, sebagian besar didominasi oleh data-data kualitatif dan hanya bersifat lokal. Selain itu, data terkait TPPO masih susah ditemukan. Beberapa institusi seperti US Embassy dan Kementrian PPA hanya mempublish tata cara menyajikan data TPPO tapi tidak ada data yang konkrit berapa jumlah kasus yang ada.

Dengan adanya proyek ini, data tersebut diharapkan dapat dikonsumsi oleh publik dan berbagai pihak yang membutuhkan. Keunikan berikutnya adalah metode yang digunakan. Proyek ini menggunakan NLP untuk menganalisis data dari berita-berita di nasional dan tiga provinsi dengan kasus tertinggi untuk mengetahui tren jumlah dan jenis kasus TPPO yang melanda daerah mereka. Data tersebut juga akan dikombinasikan dengan SNA untuk mengetahui sirkulasi atau distribusi isu TPPO di Indonesia.

Prototype proyek ini bisa diakses melalui: https://limiliaputri.wixsite.com/perdaganganmanusia 

 

 

 

Pameran Lainnya