Turki Juga Menggunakan Vaksin Sinovac

Turki Juga Menggunakan Vaksin Sinovac
Foto: sumber: Anadolu Agency

Independen --- Tidak hanya Indonesia yang berpacu dengan waktu untuk melakukan vaksinasi dengan vaksin Sinovac dari Biotech China. Negara Turki juga berencana menggunakan Sinovac untuk vaksin bagi warga negaranya. Sampel vaksin Sinovac telah tiba di Turki pada 30 Desember 2020 lalu. Dan saat ini sedang diuji oleh  Lembaga Farmasi dan Alat Kesehatan Turki atau seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia.

Turki menetapkan pengujian vaksin setidaknya 14 hari untuk kemudian menentukan apakah vaksin Sinovac ini bisa digunakan dengan skema "Emergency Use Approval" . menurut Menteri Kesehatan Fahrettin Koca adalah para staf perawatan kesehatan dan panti jompo yang akan menjadi yang pertama menerima vaksin.

Pemerintah Turki menyiapkan sebuah unit pelaksana vaksin COVID-19 yang akan didirikan di puskesmas, rumah sakit swasta dan universitas. Mereka yang ingin divaksinasi akan mendaftar ke unit ini dengan perjanjian.

Pada Senin 4 Januari 2021 di Turki terkonfirmasi 13.695 kasus baru, termasuk 1.508 pasien bergejala, sehingga total penghitungan infeksi menjadi lebih dari 2,25 juta. Sementara yang meninggal karena COVID-19 mencapai 21.685 jiwa. 

Sumber:  Anadolu Agency/D02

Umum Lainnya