Turki Mulai Vaksinasi dengan Sinovac

Turki Mulai Vaksinasi dengan Sinovac
Foto: foto: Anadolu Agency

Independen --- Seperti di Indonesia, Turki pun melakukan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac pada hari ini, Kamis 14 Januari 2021. Hal ini diputuskan segera, setelah Rabu lalu, BPOM Turki atau the Turkish Medicines and Medical Devices Agency (TITCK) telah memberi izin edar vaksin Sinovac dengan kondisi Emergency Use Authorization (EUA).

Kategori pertama yang mendapatkan vaksin Sinovac ini adalah para tenaga kesehatan Turki. Selain juga pejabat tinggi di Turki. Adalah Menteri Keseshatan Turki Fahrettin Koca menjadi salah satu orang yang pertama-tama mendapatkan vaksin Sinovac ini.

"Merupakan prioritas utama kami untuk menjalankan program vaksinasi secara transparan," kata Menteri Kesehatan Fahrettin Koca.

Berbicara setelah pertemuan Dewan Penasihat Ilmiah Coronavirus di ibu kota Ankara, Menteri Kesehatan Turki menjelaskan bahwa dengan ikut vaksinasi, pejabat senior akan "memberi contoh" bagi publik untuk mengikutinya.

Tiga juta dosis vaksin Sinovac telah tiba di Turki pada 30 Desember 2020. Vaksin ini kemudian dibawa ke laboratorium TITCK untuk masa pengujian selama 14 hari. Dan akhirnya vaksin Sinovac ini lolos uji dengan efikasi 91%. 

(D02- sumber: Anadolu Agency)

Umum Lainnya