Ditemukan Spesies Baru Kumbang dan Burung

Ditemukan Spesies Baru Kumbang dan Burung
Foto: Dok : Alan OwYong/Burung Indonesia - ZonaUtara.com

Independen  - Dunia ilmu pengetahuan Indonesia menambah khazanah spesies baru dengan ditemukan beberapa spesies hewan lewat penelitian. Dua lembaga merilis temuannya pada awal Februari 2020 ini. 

Kabar pertama datang dari Pusat Penelitian Biologi LIPI. Peneliti LIPI yang bernama Raden Pramesa Narakusumo bersama peneliti dari Jerman, Michael Balke, menemukan spesies kumbang baru. Tak hanya satu, tetapi 4 spesies baru. 

Temuan ini saat mereka melakukan riset di wilayah Maluku Utara. Kumbang ini tadinya dianggap sama dengan kumbang di Papua dan Australia. Tetapi lewat riset mendalam, keempat kumbang ini mempunyai kekhasan tersendiri. Apa nama-nama kumbang spesies baru ini dan bagaimana bedanya dengan sepupunya di Papua dan Australia, sila simak di Kieraha.com.  

Sementara itu Yayasan Burung Indonesia, merilis temuan baru 21 spesies burung. Dengan demikian, total burung di Indonesia yang tercatat menjadi 1.794 spesies. Ke-21 spesies burung ini tersebar di beberapa pulau seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara dan NTT. Khusus di NTT, pulau Alor, burung Myzomela alor adalah jenis endemik di pulau ini. Bagaimana burung yang lain, bisa dibaca di ZonaUtara.com. (D02). 

Umum Lainnya