Info Corona di Provinsi Lebih Lengkap

Info Corona di Provinsi Lebih Lengkap

Independen -- Mencari informasi lengkap tentang corona ternyata tidak mudah. Pemerintah pusat sudah merilis situs resmi https://www.covid19.go.id/ yang dikelola BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan https://infeksiemerging.kemkes.go.id/  , situs yang dikelola Kementerian Kesehatan. Namun keduanya tidak lengkap informasinya. 

Konten situs https://www.covid19.go.id/ lebih pada edukasi tentang bagaimana menghadapi pandemi Covid-19 dan hanya menampilkan data jumlah pasien yang positif corona, baik yang sudah sembuh, meninggal dan yang sedang dirawat. Sementara situs https://infeksiemerging.kemkes.go.id/ mirip dengan situs BNPB, hanya menginformasikan jumlah pasien yang positif corona dan menambahkan informasi berapa banyak orang yang sudah diperiksa.  

Informasi lebih lengkap justru lebih bisa didapat dari situs-situs yang dikelola pemerintah provinsi. Beberapa provinsi berinisiatif membuat situs sendiri dengan menginformasikan  perkembangan virus corona di wilayahnya. Tidak hanya data pasien positif corona, situs-situs provinsi ini juga menampilkan data status ODP (orang dalam pemantauan) dan status PDP (pasien dalam pengawasan) . 

ODP (Orang dalam Pemantauan) adalah orang dengan gejala demam (>38°C) atau ada riwayat demam atau ISPA tanpa Pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan ke Negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala. Sedangkan Pasien dalam Pengawasan (PDP) adalah orang yang mengalami gejala demam (>38°C) atau riwayat demam, ISPA dan Pneumonia ringan hingga berat serta memiliki riwayat perjalanan ke Negara terjangkit atau kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam 14 hari terakhir.


Berikut beberapa link situs provinsi : 

Jakarta : https://corona.jakarta.go.id/id
Jawa Barat : https://pikobar.jabarprov.go.id/
Jawa Tengah : https://corona.jatengprov.go.id/
Jawa Timur : http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
Daerah Istimewa Yogyakarta : https://corona.jogjaprov.go.id/
Banten : https://infocorona.bantenprov.go.id/

Dari keenam situs provinsi ini, yang paling lengkap adalah situs milik provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jogja dan Jawa Tengah. Keempat provinsi ini menampilkan peta sebaran mereka yang ODP, PDP maupun yang positif corona. Sedangkan Jawa Timur dan Banten belum ada. Bahkan di situs DKI Jakarta, riwayat pemeriksaan pasien yang positif corona , sebagian dapat dilihat. Pertama kali memeriksakan diri ke rumah sakit mana dan akhirnya dirujuk di mana. 

Di situs Jawa Timur, Jawa Tengah maupun Jawa Barat dilengkapi dengan fitur deteksi mandiri bagi netizen untuk memeriksa diri, apakah perlu menjalani pemeriksaan ke rumah sakit rujukan. Semua situs 6 provinsi ini sudah menyertakan daftar rumah sakit rujukan yang ada di wilayahnya. Namun tidak semua mencantumkan nomer telepon/ kontak nasional yang sudah disepakati, yaitu 119. Situs Jakarta, Jabar, Jateng sudah mencantumkan kontak 119 dan nomer telepon lokal. Sementara Jatim, Jogja, Banten baru mencantumkan nomer kontak lokal. (D02).

 

Umum Lainnya