Melawan Situs Hoax

Melawan Situs Hoax

foto: ilustrasi I Pixabay.com

Independen -- Bagai pisau bermata dua, media sosial tidak hanya menjadi ruang informasi, aspirasi, saling berbagi dan menginspirasi. Tapi juga menjadi ladang subur bagi mereka yang memahami cara menangguk untung dengan menyebarkan berita bohong (hoax) melalui media sosial. 

Memanfaatkan keingintahuan dan rasa penasaran masyarakat, berita palsu yang diproduksi website atau media tidak bertanggung disebar melalui media sosial.  Data Kementerian Komunikasi dan Informatika, saat ini terdapat 40.000 situs penyebar hoax. Selengkapnya baca BaleBengong: Lentera Maya untuk Melawan Berita Dusta.

Pengguna media sosial di Indonesia terus tumbuh. Riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan 132,7 juta penduduk Indonesia aktif di dunia maya. Sekitar 97 persen di antaranya aktif di media sosial. Facebook masih menempati posisi tertinggi mencapai 71,6 juta atau 54 persen. 

Sumber survey APJII 2016.

ICT Watch dan Watchdoc memproduksi film dokumenter menunjukkan cara kerja berita hoax dan dampaknya kepada masyarakat. Selengkapnya thriller Lentera Maya.